Teknologi sekarang ini telah berkembang pesat, terutama dibidang otomotif dimana sekarang ini mesin telah tergantikan oleh teknologi hybrid.Semakin berkurang sumber bahan bakar minyak menjadi alasan para ahli otomotif untuk menciptakan sebuah kendaraan yang hemat energi dan ramah lingkungan. Dalam studi ini dibahas tentang perancangan dan pembuatan sebuah mobil listrik berteknologi sumber energi sel surya dengan sistem kendali kemudi dengan bantuan actuator yang berfungsi untuk memudahkan proses maneuver dan menstabilkan kemudi. Sistem kendali kemudi ini menggunakan prinsip Ackermann steering geometry, yaitu ketika keadaan mobil berbelok ditikungan roda terluar akan berjalan di radius lebih besar dalam sebuah tikungan daripada roda bagian dalam. Dengan demikian roda bagian luar harus berputar lebih banyak daripada roda bagian dalam agar tidak terjadi slip. Input dari sistem kendali kemudi ini adalah data referensi posisi dari potensio linier yang kemudian diproses oleh kontroler dengan output berupa PWM actuator. Hasil yang didapat pada saat steer dibelokkan ke kanan dan ke kiri, actuator dapat mengikuti (sinkronisasi) terhadap steer sehingga steer terasa ringan dan stabil sesuai dengan posisi steer yang dikemudikan.
Proyek Kendaraan Listrik Bertenaga Bantu Sel Surya (KLBS G-1) Sub Judul : Sistem Kemudi Elektrik Tipe Ackermann pada Kendaraan Listrik Bertenaga Ban
by admin 2 | May 2, 2013 | Penelitian