Call center adalah suatu pusat pelayanan jarak jauh yang dilakukan melalui media telekomunikasi telepon dimana pelanggan dapat berkomunikasi secara real time dengan petugas pelayan. Sumber daya teknologi yang dibutuhkan dalam penerapan call center antara lain : call center media server, IP Agents, dan Database system[1]. Perangkat-perangkat tersebut biasanya diproduksi oleh perusahaan lain sehingga harganya cukup mahal. Ditambah lagi, untuk memantau kinerja call center, data-data yang tercatat pada server harus diolah secara manual untuk mendapatkan nilai QoS (Quality of Service) nya. Sehingga dibutuhkan sumber daya tambahan untuk mengolah data-data tersebut.
Pada tugas akhir ini dibangun prototype call center berbasis Asterisk for Java yang telah terintegrasi dengan software penghitung QoS berbasis formula Erlang B dan peramalan data call offered pada call center untuk beberapa waktu ke depan dengan metode Radial Basis Function Network (RBFN)
Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem call center yang dibuat telah berhasil dengan baik. Pengukuran waktu eksekusi koneksi ke database dengan 10 kali pengambilan data untuk status panggilan ANSWERED rata-rata 6,8 milidetik. Untuk status pangglan BUSY rata-rata waktu eksekusi 1,4 milidetik. Untuk perhitungan QoS dengan menggunakan program Formula Erlang B memiliki rata-rata kesalahan 0,0000635%. Peramalan data call offered dengan metode RBFN memiliki prosentase kesalahan rata-rata 7,1928 %.
Kata kunci : call center, Asterisk for Java, QoS, Erlang-B, RBFN