Gamelan adalah seperangkat alat musik dengan nada pentatonis, yang terdiri dari Kendang, Bonang, Bonang Penerus, Demung, Saron, Peking (Gamelan), Kenong & Kethuk, Slenthem, Gender, Gong, Gambang, Rebab, Siter,dan Suling. Gamelan Jawa dimainkan dalam sebuah pertunjukan musik tersendiri maupun sebagai pengiring tarian atau seni pertunjukan seperti wayang kulit dan ketoprak. Dalam perkembangan teknologi multimedia yang pesat saat ini, tidak tertutup kemungkinan keberadaan Gamelan Jawa sebagai instrumen musik tradisional Indonesia memudar. Untuk itu, perlu dilakukan pengimplementasian pada teknologi multimedia. Teknologi yang akan digunakan untuk implementasi instrumen Gamelan Jawa ini adalah teknologi layar sentuh pada iPhone, iPod Touch, dan iPad.
Pembuatan Aplikasi Musik Gamelan Jawa pada iPhone, iPod Touch, dan iPad merupakan pengimplementasian dari musik tradisional Gamelan Jawa untuk teknologi multimedia layar sentuh pada iPhone, iPod Touch, dan iPad. Untuk pembuatan aplikasi ini, digunakan bahasa pemrograman Objective-C dan akan ditekankan pada desain aplikasi, pemrograman, serta kesesuaian nada dengan instrumen asli. Konsep penggunaan dari aplikasi ini adalah dengan menggunakan sentuhan atau ketukan pada layar di nada tertentu untuk menghasilkan suatu bunyi pada alat musik yang dimainkan seperti pada gamelan asli. Untuk menambah segi interaktif pada aplikasi, ditambahkan sistem permainan dimana tugas dari pemain adalah mengiringi irama dari sebuah lagu dengan gamelan yang dapat dipilih.
Dari pembuatan Aplikasi ini diharapkan dapat dihasilkan aplikasi musik interaktif Gamelan Jawa pada iPhone, iPod Touch, dan iPad sehingga masyarakat dapat belajar dan memainkan simulasi Gamelan Jawa dengan menggunakan iPhone, iPod Touch, dan iPad.
Kata kunci: Aplikasi Interaktif, Multimedia, iPhone, Objective-C, Gamelan Jawa.