Sebuah permainan real-time yang melibatkan pengguna untuk turut merasakan suasana di dalam konsol game, merupakan salah satu contoh aplikasi bidang seni dan teknologi. Namun, meski sudah banyak permainan yang dapat berjalan secara real-time, hanya sedikit diantara mereka yang menggunakan media perantara pengganti input device atau lebih dikenal dengan joystick.
Sesuai dengan perkembangan dunia teknologi yang ada saat ini, maka mulai dikembangkan metode baru, yakni mengganti piranti input dari sebuah game dengan menggunakan media yang bisa melibatkan gerakan pengguna sebagai input karakter. Metode tersebut dirasakan lebih baik, karena akan membawa pengguna atau para penggemar game seolah-olah berada dalam lingkungan permainan itu sendiri, karena gerakan yang ada di dalam console cenderung mengikuti gerakan-gerakan yang dilakukan oleh pemainnya.
Media input yang digunakan pun (web camera) tidak menyebabkan pemain merasa terpaku hanya dengan menggerakkan jari dalam melakukan penekanan tombol, tetapi pemain itu sendiri bisa menggerakkan anggota tubuhnya untuk berinteraksi dengan karakter yang ada dalam mesin game, sehingga bisa mengurangi tingkat kejenuhan dalam bermain game. Selain itu dengan menggunakan metode baru ini gamer dapat menjadi lebih aktif bergerak tidak hanya duduk dan memainkan joystick tapi bergerak layaknya karakter game tersebut.
Kata kunci : Real-Time, Input Device.
ABSTRACT

wpChatIcon
EnglishIndonesian