ABSTRAK
Materi pelajaran tentang jaringan sering dianggap sulit oleh para siswa-siswa SMK, hal ini karena materi yang disampaikan terkadang bersifat monoton dan membosankan. Sehingga minat untuk mempelajari materi jaringan berkurang dan dianggap kurang menarik.
Untuk itu perlu inovasi media pembelajaran yang dapat memberikan stimulan kepada siswa belajar tentang jaringan. Media pembelajaran ini diaplikasikan dalam bentuk game flash yang berdasar pada kompetensi dasar bidang Teknik Komputer Jaringan. Aplikasi game SinJan (“Sinau Jaringanâ€) didesain secara sederhana dan menarik agar pada saat pengguna memainkan game ini dapat memberikan manfaat secara tidak langsung yakni belajar mengenal jaringan komputer.
Game SinJan ini terbagi menjadi 5 tahap, setelah pengguna menyelesaikan semua tantangan maka pada tahap akhir ada kuis untuk melihat kemampuan setelah bermain game.
Kata Kunci : Game SinJan, Jaringan, Game Interaktif