Dalam metode ini, Direct Torque Control menggunakan kontrol PI-Fuzzy dijelaskan untuk pengaturan kecepatan putar motor induksi tiga fasa (3Φ). Motor induksi tiga fasa memiliki kelemahan pada pengontrolan kecepatannya yang hanya bergantung pada frekwensi input, tetapi hal ini bisa diatasi dengan teknologi inverter. Pengaturan torsi pada sebuah motor induksi dengan ripple yang rendah dan bentuk respon transient dan steady state yang baik adalah kriteria utama dari desain kontroler ini. Direct torque control (DTC) digunakan sebagai basis estimasi parameter kontrol. Estimasi putaran rotor, torka dan fluks dilakukan melalui tegangan input dan arus stator. Untuk mencapai putaran yang dikehendaki digunakan estimasi putaran sebagai umpan balik pada sistem kontrol. Error dan delta error kecepatan putar digunakan sebagai masukan pada kontrol PI-Fuzzy untuk menghitung torka referensi. Pertama kali menggunakan PI kontroler untuk mendapatkan parameter ini tetapi dengan ketentuan tertentu. Gain/penguatan tidak dapat ditingkatkan di luar dari limit tertentu, sehingga dibutuhkan respon yang lebih baik. Salah satu tekniknya adalah menggunakan logika Fuzzy sebagai setting dari nilai parameter kontroler PI-nya. PI-Fuzzy masing-masing secara keseluruhan bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi seperti saat start motor, kondisi tanpa beban dan keadaan motor berbeban. Hasil yang diperoleh ialah terdapat hasil yang terbaik pada beban motor dari pada beban reactor pada pembebanan inverter. Dan juga perbedaan antara putaran motor tanpa control dengan menggunakan control yaitu kondisi start yang lebih baik
Kontroller PI-Fuzzy sebagai pengaturan kecepatan motor induksi 3 fasa melalui sensor kecepatan dengan metode direct torque control pada kendaraan list
by admin 2 | May 2, 2013 | Penelitian