Hari ini, bertempat di gedung TC-lantai 3 program studi Teknik Komputer (TeKom) adakan pelatihan line tracer. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan, yang dikhususkan untuk mahasiswa baru TeKom.

Pelatihan yang berlangsung selama 3 hari, mulai jumat (18/10) ini mewajibkan mahasiswa barunya untuk ikut. "jika dibilang wajib iya karena memang penting dan akan berguna untuk mereka nanti, namun kami tidak melarang jika terdapat keperluan penting di luar sana," ujar Hardian selaku ketua pelaksana pelatihan.

Kegiatan ini akan sangat penting untuk mahasiswa baru kedepannya, karena nantinya mereka akan mendapatkan matakuliah yang berhubungan dengan ilmu yang ada dalam pelatihan line tracer analog ini. Dengan suasana yang penuh keakraban, 54 mahasiswa yang terbagi dari 18 tim ini begitu serius mengutak-atik robot line tracer rakitan mereka. Robot yang memiliki sensor untuk menangkap pantulan cahaya berwarna hitam dan putih ini akan bergerak mengikuti garis yang ditentukan dalam track.

Namun sebelum mereka merakit, pada pertemuan pertama yang dilaksanakan tepat pukul 17.00 dengan durasi 1 jam ini telah dibekali teori dasar terlebih dahulu yang disampaikan oleh pemateri yang tidak lain merupakan mahasiswa TeKom angkatan 2010 dan 2011. Barulah di hari berikutnya, peserta diberikesempatan untuk merakit sebuah robot dari peralatan yang telah disediakan panitia. Meski bersifat nonformal, kegiatan ini terbilang sukses, terlihat dari banyaknya robot yang berhasil dijalankan oleh para peserta pelatihan.

Dibalik pelatihan yang sederhana ini,  pengalaman dan pembelajaran adalah hal utama yang ingin ditanamkan kepada mahasiswa TeKom 2013. Berawal dari sini, diharapkan mahasiswa baru TeKom 2013 mampu bersaing di berbagai kompetisi tingkat nasional dan bahkan internasional. 

Kegiatan yang diakhiri dengan pertandingan robot line tracer analog dengan kriteria yang paling cepat, menjadi tanda berakhirnya rangkaian acara line tracer analog. Meski demikian, harapan dari selesainya acara ini tidak akan berhenti disini saja. "Semoga nantinya mereka terus menjaga rasa kekeluargaan dan kekompakkan hingga akhir, menerukan tradisi juara TeKom, dan sekali lagi keakraban,solidaritas angkatan selalu dijaga, " Ujar Ahmad Yusuf Ardiansyah selaku Penanggung Jawab. (arn/aik)

wpChatIcon
EnglishIndonesian