EEPIS-Online, Serangkaian tes penerimaan mahasiswa baru pendidikan jarak jauh (PJJ) mandiri PENS berlangsung hari ini (02/11). Tes ini sekaligus menjadi tiket terakhir untuk dapat menjadi mahasiswa PENS di tahun 2013.

Memasuki tahun ketiga, pendaftar ujian masuk PJJ mandiri PENS mencapai 113 orang. Pendaftaran dibuka hanya untuk program studi D3 dan D4 Lintas Jenjang (LJ) Teknik Informatika (IT) saja.

Terdaftar sebanyak 49 orang untuk prodi D4 LJ IT dan 64 orang untuk prodi D3 IT. Tak ada yang berbeda dalam materi yang diujikan. Sistem komputer, algorima pemograman dan jaringan komputer masih menjadi standart uji kompetensinya.

Ujian dimulai pukul 08.00 WIB. Dilaksanakan di ruang kelas Gedung Baru PENS lantai satu dan dua. Setelah melaksanakan tes tulis, calon mahasiswa PJJ mandiri mengikuti tes wawancara di ruang sidang lantai dua gedung baru. 

"Dengan adanya wawancara ini diharapkan presentasi mahasiswa Drop Out lebih kecil, karena kita langsung mengetahui karakter mahasiswa," ungkap Arna Fariza, S.Kom, M.Kom. 

Selaku kepala departemen, beliau juga memaparkan proses pembelajaran yang terdiri dari 25% tatap muka dan 75% melalui website. Proses pembelajaran tatap muka dilaksanakan satu bulan sekali pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu di kampus PENS.

Melihat dari angka pendaftar, jumlah peminat PJJ PENS tahun ini meningkat dibanding tahun lalu yang tidak mencapai 100 pendaftar. Hal ini membuktikan bahwa pendidikan jarak jauh di PENS makin diminati.

Hasil tes merupakan nilai akumulasi dari kedua tes tersebut. Peserta yang berlatar belakang bukan dari IT, harus lolos tes dan mengikuti materikulasi seperti sistem operasi, algoritma, proses data dan matematika diskrit. 

Sesuai penjadwalan, hasil tes ini akan diumumkan pada Rabu (06/11) mendatang. Sedangkan perkuliahannya sendiri akan dimulai pada Jum’at (15/11). (nan/sat)

wpChatIcon
EnglishIndonesian