EEPIS-Online, Akhir minggu kedua November tepatnya Jumat (8/11) lalu, PENS menggelar seminar yang membahas tentang wirausaha. Seminar ini merupakan sinergi antara himpunan mahasiswa elektronika (hima elka), himpunan mahasiswa teknik informatika (himit) dan IT preneur (ITP).  Acara mulai pukul 08.00 hingga 16.00. Bertempat di Ruang Teater Gedung D3.

Global Enterpreneur, adalah tema yang diangkat dalam seminar ini. Terdiri dari dua sesi, sesi pertama diisi oleh hima elka tentang teori wirausaha. Setelah istirahat Sholat Jumat dilanjutkan sesi kedua tentang implementasi wirausaha oleh Himit dan ITP.

Sambutan ketua panitia membuka serangkaian acara. Erdy menyampaikan sambutannya selaku perwakilan dari Hima Elka dan Himit. Setelah itu agenda dilanjutkan dengan sambutan Bapak Ferry Astika Saputra, ST, M.Sc. selaku ketua Job Arrangement System (JAS) dan hubungan alumni. Usai dengan pembukaan diisi dengan pengenalan ikatan alumni PENS (IKAPENS) oleh Bapak Eko Wahyu.

Yakin Sukses dengan Kolaborasi

Kegiatan yang merupakan kolaborasi antara dua himpunan mahasiswa sangat jarang ditemukan di PENS. Padahal dilain sisi dengan adanya sinergi antar himpunan mampu menambah banyak manfaat. Persiapan menjelang hari H membutuhkan waktu kurang lebih satu bulan.

"Awalnya acara ini adalah kegiatan masing-masing himpunan, namun saat pengajuan dikarenakan bentuk kegiatan, tema dan waktu pelaksanaanya pun bisa dibilang sama. Oleh karena itu bidang kemahasiswaan menyarankan untuk dilaksanakan secara bersama, dan dengan adanya kolaborasi ini harapannya bisa sukses," ungkap Erdy Faidullah Hasan selaku Ketua Panitia dari Elektronika.

Hadirkan Narasumber Terkemuka

Puncak acara sesi I adalah Seminar Global Enterpreneur oleh Bapak Adam Bachtiar, ST., Network and Infrastructure Head PT Trihasta Pramata. Beliau membawakan materi "Banyak Peluang Usaha Saat Kuliah Maupun Setelah Lulus". Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan trik, peluang, ide dan insting tentang berwirausaha.

Dikarenakan pelaksanaannya di hari Jumat, maka antara materi sesi I dan II di potong waktu istirahat dan Sholat Jumat. Tidak kalah menarik dari sesi pertama, materi kedua dibawakan oleh alumni PENS angkatan 2006, Furiyani Nur Amalia, S.ST. Saat ini Furi beraktivitas di Nippon Electronic Company. Alumni jurusan Telekomunikasi ini memberikan materi tentang "Enterpreneur Softskill and Teamwork".

Adakan Follow Up pasca Kegiatan

Pasca pelaksanaan Seminar Global Enterpreneur ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan oleh panitia. Selasa, (19/11) Himit dijadwalkan melaksanakan seminar ITCE go International dan disusul dengan Community Week (Open Sorce Community, Game kita, ITP) berupa pelatihan dan seminar dari alumni.

Acara ditutup dengan doa dan pemberian vendel. Harapannya dengan adanya acara mampu merapatkan mahasiswa dengan IKAPENS, menambah jaringan dan berbagi pengalaman. (nan)

wpChatIcon
EnglishIndonesian