EEPIS Online – Minggu
(23/11) Taman
Bungkul Surabaya diramaikan oleh
creative
rangers
, sebutan
warga Departemen
Multimedia Kreatif (MMK). Dengan kompaknya
rangers
mengenakan
pakaian serba ungu. Agenda ini juga dikaitkan oleh salah satu kegiatan Orientasi Pengenalan
Departemen (OPD)
yaitu diadakannya pameran karya seni.

Salah
satu rangkaian kegiatan OPD MMK 2014 adalah diadakannya pameran hasil karya
seni yang dapat diperjual-belikan.
Kegiatan ini merupakan penerapan materi dan nilai-nilai yang telah disampaikan
pada sesi OPD sebelumnya yakni
Sense Of Belonging (SOB).

 â€œJadi tujuannya untuk mengarahkan mahasiswa
baru untuk dapat berkarya dengan kreatif.
Nah
dari hasil karya itu mereka bisa produktif, jadi hasil karyanya bisa dipasarkan dan akhirnya mereka jadi punya
pengahasilan,” ungkap Adelin Damayanti Putri selaku penanggung jawab kegiatan.
“Disini mereka juga bisa mempraktekkan SOB dengan cara kerja
bareng sama temen-temennya,” tambahnya.

Sebanyak
84 mahasiswa baru MMK telah dibagi menjadi 5 kelompok. Tiap kelompok memiliki
golongan karya yang
berbeda, yakni kelompok digital, gambar manual, fotografi, kerajinan dan aksesoris.
Tiap orang ditugaskan mengumpulkan hasil karya berdasarkan golongan
kelompoknya.

Setelah
pengumpulan karya, kegiatan dimulai pada minggu pagi. Mahasiswa departemen
dari tiga angkatan
berbeda
berkumpul di
kampus PENS pukul 05.30 WIB. Rombongan yang mengenakan kaos warna ungu tersebut berangkat pada pukul
06.15 WIB. Acara
dimulai pukul 07.30 WIB ditaman yang dinobatkan sebagai taman terbaik se-Asia
Tenggara tersebut.

Tiap
kelompok dikumpulkan di spot yang berbeda untuk mendapatkan penugasan yang
berbeda pula. Tidak sendirian, tiap kelompok didampingi oleh lima kakak tingkat atas yang akan
membantu mereka dalam penugasannya. Peserta pun mulai menjajakan barang dan
jasa selama 3 jam kedepan. Alhasil 2 aksesoris dan 4
post card laku terjual. Tidak hanya itu, 5 buah gambar pun telah
dipesan oleh pengunjung.

“Acaranya
keren, sering-sering aja diadakan acara pameran ke publik
yang
kayak gini. Selain bisa mengasah
kreatifitas, kegiatan ini juga bisa mempromosikan PENS terlebih departemen
Multimedia Kreatif,” ungkap Achmad Saputra, salah satu peserta OPD  yang berhasil memikat banyak pengunjung dengan
karya
doodle art-nya. (zya/nan)

wpChatIcon
EnglishIndonesian