Surabaya, pens.ac.id – Sebagai salah satu politeknik negeri yang unggul di bidang teknologi, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kerap menjadi tuan rumah ajang bergengsi baik bertaraf nasional maupun internasional. Untuk pertama kalinya, PENS terpilih menjadi pionir penyelenggara Kompetisi Mahasiswa bidang Informatika Politeknik Nasional (KMIPN) 2018. Merupakan program perdana dari Badan Koordinasi Kemahasiswaan (Bakorma) Politeknik se-Indonesia, hari ini (5/9) telah dilaksanakan Launching KMIPN 2018 di Ruang PS-0310 Gedung Pascasarjana PENS. 

Untuk pelaksanaan KMIPN, PENS menggandeng Program Studi Teknik Informatika untuk bersama menyukseskan kompetisi. Perwakilan panitia berkesempatan memaparkan seluruh progress persiapan KMIPN 2018 kepada jajaran direksi PENS yang hadir. Mengusung tema “Tantangan TIK dalam Era Revolusi Industri 4.0” kegiatan tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas peserta didik serta mutu perguruan tinggi, khususnya Politeknik.

Mengundang 150 politeknik di Indonesia, kompetisi ini terbagi atas delapan cabang perlombaan, diantaranya Internet of Things, Bisnis TIK, Hackathon, Desain Animasi, Game Development, Keamanan Jaringan dan Cipta Inovasi. Dengan banyaknya cabang lomba yang ada, membuka peluang bagi seluruh mahasiswa PENS untuk ambil bagian pada kompetisi ini. “Kompetisi ini memang di bidang Informatika, tapi dengan banyaknya cabang lomba yang ada tidak menutup kemungkinan mahasiswa dari seluruh prodi di PENS bisa berpartisipasi,” ungkap Adnan Rachmad Anom Besari, S.ST., M.Sc. 

Kegiatan Launching KMIPN 2018 yang turut dihadiri oleh Dr. Zainal Arief, ST., MT. ini sekaligus menjadi pertanda resmi dibukanya pendaftaran peserta hingga tanggal 30 September mendatang. Tahap selanjutnya mereka akan melalui babak penyisihan satu dan dua pada bulan Oktober. Kemudian, para peserta yang berhasil melaju hingga babak final akan berkompetisi di Kampus PENS pada 7-10 November 2018. “Kami semua bersyukur, PENS dipercaya menjadi tuan rumah, ini kesempatan bagi seluruh sivitas akademika untuk membuktikan prestasi dan kompetensi mereka di bidang IT,” ungkap Ir. Anang Budikarso MT., selaku Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan. Ia pun berharap agar mahasiswa PENS dapat mencetak prestasi terbaiknya pada kegiatan ini. (tts/umi)

wpChatIcon
EnglishIndonesian