Surabaya, pens.ac.id – Direktur PENS, Ali Ridho Barakbah, S.Kom., Ph.D., secara resmi lakukan pelepasan 26 mahasiswa awardee Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2024. Tak hanya itu, pelepasan ini sekaligus sebagai pengarahan untuk mempersiapkan administrasi keberangkatan. Berlangsung pada Kamis (27/6), di Ruang Rapat Lt. 1 Gedung Pascasarjana, mahasiswa secara aktif mengajukan pertanyaan terkait kehidupan di luar negeri. Berbagai pesan turut disampaikan agar para awardee terus membawa nama baik Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dan Indonesia di kancah Internasional.

Dias Agata, S.S., M.Pd., selaku Sekretaris Unit Urusan Internasional mendampingi Prof. Iwan Syarif, S.Kom., M.Kom., M.Sc., Ph.D., selaku Ketua Unit Urusan Internasional turun tangan memberikan pengarahan langsung mengenai berbagai budaya negara tujuan, bagaimana menjalin komunikasi yang baik dengan supervisor, hingga pengalaman yang dapat diimplementasikan oleh para awardee di luar negeri. “Perlu diingat, bahwa tidak hanya misi pendidikan saja, namun mereka juga membawa budaya Indonesia. Oleh karena itu, kita anjurkan para mahasiswa tidak hanya berfokus pada akademik. Dengan mengikuti banyak organisasi serta aktif dalam kegiatan non-akademik, mahasiswa dapat memperkenalkan PENS dan budaya Indonesia,” titip Prof. Iwan Syarif. Di sisi lain, tim Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM), Tri Hadiah Muliawati, S.ST., M.Kom., juga mengarahkan para awardee terkait teknis administrasi keberangkatan yang harus segera dipersiapkan.

Peningkatan jumlah penerima awardee IISMA di tiap tahunnya cukup dirasakan oleh Rizky Anugrah Ananto, salah satu awardee IISMA Hanyang University. “Saya merasa bersyukur semakin banyak teman-teman yang mendapatkan kesempatan untuk merasakan kuliah di luar negeri. Terus terang, saya overthinking mengenai kehidupan di luar negeri. Bagaimana kehidupan dan masyarakat disana, apakah saya diterima dengan baik, dan banyak hal lainnya. Sehingga, ketika banyak teman awardee, kita bisa sharing, saling membantu, dan pastinya tidak merasa sendiri,” ujarnya. Mahasiswa PJJ Teknik Informatika itu juga berterima kasih atas pembekalan serta arahan yang jelas dan berharap agar program IISMA kedepannya dapat melebihi batas maksimal. Melalui kegiatan pengarahan dan pelepasan ini, Aliridho Barakbah, S.Kom., Ph.D., menitipkan pesan kepada para awardee untuk pantang menyerah, memperluas jejaring dengan bergaul bersama mahasiswa asing, serta memperkenalkan tarian, kuliner, dan budaya yang ada di PENS dan Indonesia. (haz)

wpChatIcon
EnglishIndonesian