Surakarta, pens.ac.id – Hari kedua Kontes Robot Indonesia (KRI) Nasional 2024, tujuh Tim Robot Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) memulai perjuangannya di babak penyisihan yang dilaksanakan pada Kamis (4/7). Disiarkan secara langsung melalui akun YouTube Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), kegiatan ini turut diikuti dengan penuh antusias oleh tim robot institusi di Edutorium UMS. Pembenahan mekanisme dan strategi terus diupayakan oleh ketujuh Tim Robot PENS sehingga dapat tampil maksimal pada babak penyisihan. Dengan selisih skor yang cukup besar, Tim EIRA dan EILERO berhasil mengungguli lawan sehingga bisa melanjutkan ke babak berikutnya. Sementara itu, Tim ERSOW dan EROS sukses mempertahankan kedudukan serta menunjukkan kelihaiannya usai berlaga dengan dua tim lawan. Perolehan skor oleh masing-masing Tim Robot PENS ini diharapkan mampu terus ditingkatkan hingga babak final esok hari.

Pada babak kedua divisi Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI), Tim EIRA berhasil mengungguli Tim GARUDAGO dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan perolehan skor 300. Sementara itu, Tim ERSOW dari divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda (KRSBI-B) memperoleh poin seri usai melawan dua tim dari Universitas Semarang dan Universitas Brawijaya. Misi pencarian dan penyelamatan yang dilakukan oleh Tim EILERO, Tim Robot PENS yang berpartisipasi pada divisi Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) sukses menaklukkan empat rintangan dalam waktu 3 menit 54 detik. Dengan perolehan poin sebanyak 1950, Tim EILERO lolos fase grup dan akan kembali bertanding di babak gugur esok. 

Meski sempat seri di babak pertama, Tim EROS yang mewakili PENS pada divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Humanoid (KRSBI-H) kembali unggul dengan skor 4 : 0 di dua babak terakhir. Keberhasilan dalam perolehan poin tersebut tak luput dari kerja keras yang dikerahkan seluruh anggota tim. “Bersyukur rasanya di babak penyisihan ini robot berjalan dengan normal, karena sebelumnya mengalami human error yang cukup mengkhawatirkan. Melihat segala upaya yang dikerahkan, seluruh tim robot akan berikan hasil yang terbaik untuk PENS di KRI Nasional 2024,” tutur Aris Sudaryanto, S.ST., M.T., selaku pembimbing 1 Tim EROS. Evaluasi terus dilakukan, mulai dari running test hingga babak penyisihan untuk terus mempertahankan kedudukan tim robot pada babak selanjutnya dengan strategi yang lebih optimal. (ENTCrews)

wpChatIcon
EnglishIndonesian