Surakarta, pens.ac.id – Kompetisi tahunan Kontes Robot Indonesia (KRI) Nasional 2024 usai dibuka secara resmi pada Rabu (3/7), di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Tak hanya dilaksanakan secara luring, kontes ini turut disiarkan secara daring melalui laman YouTube UMS. Dengan total peserta sebanyak 142 tim dari 57 perguruan tinggi di Indonesia, PENS mengirimkan tujuh tim delegasi terbaiknya untuk berkompetisi di setiap divisi ajang robotika ini. Tim-tim tersebut di antaranya ialah EEPIS Intelligent Robot Abu (EIRA), EEPIS Intelligent Legged Robot (EILERO), EEPIS Robot Soccer (EROS), EEPIS Robot Soccer Wheel (ERSOW), EEPIS Robot Intelligent in Sense of Art (ERISA), EEPIS Intelligent Thematic Robot (ETERNOS), dan EEPIS Autonomous Submarine Vehicle Research (EMOSVER). Seluruh tim kemudian menyiapkan performa terbaiknya pada running test yang dilaksanakan usai pembukaan KRI Nasional 2024.

Tatang Muttaqin, S.Sos., M.Ed., Ph.D., menyampaikan sambutan sekaligus membuka KRI Nasional secara resmi. Dalam sambutannya, Staf Ahli Mendikbudristek Bidang Manajemen Talenta tersebut menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak terkait, “tingkat persentase distribusi peserta yang semakin meluas bahkan sampai Papua ini menunjukkan capaian ikhtiar kita bahwa mutiara-mutiara ada di berbagai sudut Indonesia dan hal tersebut harus ditemukan kemudian dibina untuk melahirkan talenta-talenta terbaik bangsa,” capaian tersebut didukung dengan kedudukan Indonesia di Peringkat 85 yang naik menjadi Peringkat 61 dalam bidang inovasi. Kreativitas dan inovasi dari setiap tim dalam perancangan, implementasi, dan strategi menjadi kunci untuk meningkatkan daya saing, seperti yang diutarakan oleh Rektor UMS, Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si., dalam sambutannya. Melalui KRI Nasional tahun ini, Rektor UMS mengharapkan agar peserta mampu mengembangkan ide kreatif serta mengimplementasikannya guna memaksimalkan strategi dalam menyelesaikan misi kompetisi.

Di sisi lain, running test dilaksanakan pada dua lokasi berbeda, divisi Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI) berada di kolam renang internasional Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam dan enam divisi kontes lainnya bertempat di Edutorium UMS, seperti yang telah disampaikan lewat sambutan Ir. Rois Fatoni, Ph.D., selaku Ketua Pelaksana KRI Nasional 2024. Secara teknis, seluruh tim melakukan penyesuaian kembali melihat peraturan yang cukup berbeda dari KRI Regional, perbedaan ukuran lapangan, serta banyak hal lainnya. Meski sempat diluar prediksi, Ali Ridho Barakbah, S.Kom., Ph.D., hadir memberikan pesan dan dukungan optimisnya untuk seluruh delegasi terbaik PENS, “semangat optimis, selalu berdoa, dan tetap sehat baik secara jasmani maupun rohani. Seluruh dukungan dari civitas akademika PENS akan senantiasa menyertai hingga akhir,” tutupnya. (ENTCrews)

wpChatIcon
EnglishIndonesian