Surabaya, pens.ac.id – Sebagai lanjutan dari serangkaian kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Workshop Penyusunan Laporan Akhir serta Monitoring dan Evaluasi (Monev) II Internal usai dilangsungkan pada Selasa (30/7). Diikuti oleh 50 Tim PKM PENS, workshop ini berlokasi di Mini Teater Lt. 6 Gedung Pascasarjana dan menghadirkan Dr. Prihartini Widiyanti, drg., M.Kes, S.Bio, CCD sebagai pemateri. Kegiatan yang melibatkan 12 reviewer dari PENS tersebut dilanjutkan dengan Monev II Internal yang berada di Ruang Kelas B301—B305 dan Ruang Kemahasiswaan Gedung D4. Agenda ini merupakan langkah final dalam persiapan penyusunan laporan akhir sebelum diadakannya Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2) lingkup nasional.

Dalam sesi workshop, Dr. Prihartini Widiyanti, drg., M.Kes, S.Bio, CCD menyampaikan materi mengenai pentingnya penyusunan laporan akhir yang sesuai dengan pedoman PKP2. Ibu Yanti memberikan panduan yang spesifik untuk masing-masing jenis PKM, karena tiap sub bidang memiliki kekhasan yang harus diperhatikan dalam penyusunannya dan menekankan bahwa laporan akhir merupakan kunci penting untuk lolos sebagai finalis di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), dengan kontribusi sebesar 30% terhadap penilaian akhir. “Saya berharap tim PKM PENS tidak hanya menghasilkan karya yang unggul, tetapi juga dapat memberikan solusi terhadap permasalahan bangsa. Ide-ide segar dan brilian dari mahasiswa PENS dapat berkontribusi dalam mengurai permasalahan yang ada dan bisa menjadi dasar bagi kebijakan-kebijakan yang diambil oleh pemerintah di masa depan,” tuturnya.

Setelah sesi workshop, kegiatan dilanjutkan dengan Monev II Internal. Setiap tim diberikan kesempatan untuk mempresentasikan perkembangan proyek mereka di hadapan para reviewer. Lalu, reviewer memberikan masukan dan evaluasi terhadap setiap aspek dari proyek yang dipresentasikan. Evaluasi ini diharapkan dapat menjadi bahan acuan bagi setiap tim dalam menyempurnakan laporan akhir mereka sebelum diadakannya PKP2.

Dengan terlaksananya Workshop dan Monev II Internal ini, seluruh Tim PKM PENS kini berada dalam tahap akhir persiapan sebelum mengikuti PKP2. Para peserta diharapkan dapat mengaplikasikan materi serta hasil evaluasi dari kegiatan ini untuk memperbaiki dan memaksimalkan proyek mereka. Dengan dukungan penuh dari dosen pembimbing dan seluruh tim pembina PKM PENS, diharapkan tim-tim ini mampu memberikan yang terbaik dalam PKP2 dan terus membawa nama baik PENS di kancah nasional. (bey)

wpChatIcon
EnglishIndonesian