Surabaya, pens.ac.id – Program Studi Sarjana Terapan Teknik Mekatronika PENS usai menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di Balai Desa Gebang Putih, Sukolilo, Surabaya. Berlangsung pada Jumat (6/9), kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan sistem charging station berbasis panel surya untuk perangkat handphone serta memperkenalkan PENS, khususnya Prodi Mekatronika, kepada masyarakat. Pengabdian masyarakat tersebut dihadiri oleh dosen, mahasiswa, perangkat desa, dan warga setempat, dengan agenda serah terima alat secara simbolis, sekaligus sosialisasi terkait penggunaan serta perawatan alat.

Dalam kegiatan tersebut, para peserta mendapatkan penjelasan mendalam mengenai cara kerja dan perawatan sistem charging station berbasis panel surya yang baru dipasang. Tim Prodi Sarjana Terapan Teknik Mekatronika memberikan informasi teknis tentang pemanfaatan sistem tersebut untuk perangkat handphone, serta langkah-langkah perawatan yang diperlukan untuk menjaga kinerja alat secara optimal. Penyerahan alat secara simbolis diikuti dengan sosialisasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa masyarakat dapat memanfaatkan teknologi ini dengan baik dan berkelanjutan.

Lurah Gebang Putih, Indriyani Setiyawati, S.Sos., M.Si., menyampaikan apresiasinya terhadap bantuan yang diberikan oleh PENS. “Alhamdulillah, kami sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Program Studi Mekatronika PENS. Sistem charging station solar panel ini sangat dibutuhkan, terutama untuk mendukung kegiatan-kegiatan besar di Gebang Putih. Harapan kami, alat ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh warga, dan penggunaan alat ini bisa berkelanjutan. Selain itu, kami berharap PENS dapat terus berkontribusi dalam bidang-bidang lain, seperti akademik, di masa depan. Ini adalah kali pertama alat ini diterapkan di Surabaya, dan kami merasa sangat terbantu serta bangga bahwa Kelurahan Gebang Putih dipilih sebagai lokasi implementasi pertama,” ungkapnya. (ina)

wpChatIcon
EnglishIndonesian