Surabaya, pens.ac.id – Peringatan Hari Kesaktian Pancasila merupakan bentuk penghayatan terhadap dasar negara, juga sebagai tanda penghormatan kepada para pejuang yang gugur dalam peristiwa G30S/PKI. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) sebagai institusi Perguruan Tinggi Vokasi turut menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada Selasa (1/10). Bertempat di Auditorium Lt. 6 Gedung Pascasarjana, upacara ini mengusung tema “Bersama Pancasila Menuju Indonesia Emas” dan dihadiri oleh seluruh jajaran direksi serta civitas akademika.

Peringatan ini merupakan pengingat perjalanan sejarah bangsa Indonesia dalam mempertahankan ideologi negara. Diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan mengheningkan cipta, Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila berlangsung dengan khidmat mulai pukul 07.40 WIB. Ikrar Hari Kesaktian Pancasila turut dibacakan sebagai lambang pengingat akan pentingnya berkomitmen dalam menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila pada kehidupan sehari-hari.

Menghidupkan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila merupakan langkah penting dalam memperkuat identitas dan persatuan bangsa. Dampak dari diterapkannya nilai-nilai tersebut, terciptalah lingkungan yang demokratis, adil, dan harmonis. Direktur PENS, Aliridho Barakbah, S.Kom., Ph.D. menjadi pembina Upacara Hari Kesaktian Pancasila pada tahun ini, “Tentunya, kami tanpa bosan-bosannya menghidupkan kembali nilai-nilai Pancasila, karena Pancasila merupakan sejarah penting bagi Bangsa Indonesia. Momentum seperti upacara ini mengingatkan kita bahwa nilai-nilai Pancasila harus selalu dijaga dan diterapkan terutama di lingkungan PENS,” ujarnya. Dengan terlaksananya momentum ini, harapannya semangat nasionalisme dan patriotisme seluruh kalangan civitas akademika PENS semakin meningkat. (dkr/ina)

wpChatIcon
EnglishIndonesian