Surabaya, pens.ac.id – Hubungkan job seeker dengan berbagai perusahaan terkemuka, Direktur PENS, Aliridho Barakbah, S.Kom, Ph.D., membuka kegiatan Job Fair dan Talent Fair 2024. Bertempat di Atrium Maspion IT Margorejo Surabaya, agenda ini berlangsung selama dua hari, sejak Jumat hingga Sabtu (20-21/9). Job Fair dan Talent Fair 2024 ini memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi peluang karir yang sesuai dengan keahlian para job seeker di tengah persaingan kerja yang semakin kompetitif.

Job Fair dan Talent Fair 2024 ini berhasil menarik perhatian perusahaan dari berbagai industri dan talenta muda dari perguruan tinggi vokasi (PTV), sekaligus Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jawa Timur. Dalam kegiatan tersebut, perwakilan dari perusahaan PT. Nusa Unggul Sarana Adicipta yang bergerak di bidang distributor bahan bangunan, yakni Sela mengaku sangat terkesan dengan semangat para job seeker, “Perusahaan kami berkomitmen untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini guna memenuhi kebutuhan rekrutmen perusahaan. Disamping itu, kami juga berharap bisa berperan sebagai penghubung yang memfasilitasi kolaborasi antara institusi pendidikan dan sektor industri,” ungkapnya.

Kemudian, talent asal PTV dan SMK yang ikut berpartisipasi juga tak kalah menarik, misalnya dari SMKN 5 Surabaya yang tergabung dalam Styematyc Student Company atau suatu perusahaan bagi siswa jurusan Teknik Elektronika. Stematyc Smart Dryer (Stemayer) merupakan salah satu produk mereka, yakni mesin uap pengering pakaian yang berhasil diekspor hingga pasar internasional. Ketua pelaksana kegiatan Job Fair dan Talent Fair 2024, Prof. Amang Sudarsono, ST., Ph.D., mengungkapkan harapannya pada kegiatan ini, “Dengan diadakannya Job Fair dan Talent Fair ini, semoga masyarakat bisa mencari dan mendapatkan pekerjaan secepat mungkin. Kegiatan ini juga akan rutin diagendakan setiap tahunnya, harapannya agar dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi para job seeker, institusi pendidikan dan perusahaan.”

Selain sesi pengenalan perusahaan pada Job Fair dan Talent Fair 2024, diselenggarakan juga sesi penyampaian Workshop Teaching Factory, Seminar Pengembangan Karir di Era Digitalisasi, Sosialisasi BPJS Kesehatan, Workshop Ketenagakerjaan, Workshop UMKM tentang Digital Marketing, dan Sharing Session bersama Kolokium.id, dengan tema Pemanfaatan Teknologi untuk Bekerja dari Rumah, sebagai penutup kegiatan. “Saat ini lowongan pekerjaan semakin sulit tiap tahunnya, tujuan saya mengikuti kegiatan ini selain untuk mendapatkan pekerjaan juga untuk menambah networking saya dengan sesama job seeker lain, maupun dengan perusahaan dan talent yang hadir,” tutur Syaqila salah satu peserta. Keberhasilan Job Fair dan Talent Fair 2024 sangat bergantung pada kolaborasi antara institusi pendidikan, perusahaan, dan pemerintah. Dengan berbagai seminar dan sesi networking, kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat koneksi antara industri, institusi pendidikan, dan tenaga kerja. (dkr/run)

wpChatIcon
EnglishIndonesian