Surabaya, pens.ac.id — Sebagai bentuk pertanggungjawaban atas dana yang telah diberikan, Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) PENS usai menggelar kegiatan Monitoring dan Evaluasi I. Bertempat di Ruang Kelas B301—304 Gedung D4 Lt. 3, sebanyak 20 tim yang lolos pendanaan mempresentasikan progres usahanya pada Jumat (4/10). Kegiatan ini dirancang bukan hanya tentang wirausaha, namun PMW menjadi tempat keberanian bagi mahasiswa untuk berwirausaha.

Pemaparan progres pada Monitoring dan Evaluasi (Monev) 1 Internal secara langsung mempertemukan dua reviewers tiap ruangan. Setiap tim menjelaskan usahanya, mulai dari latar belakang, potensi market, laporan keuangan, hingga rencana agenda kedepan. Data yang ada pada power point tersebut disusun berdasarkan logbook per minggu. Kemudian, kedua reviewers memberikan evaluasi dan menilai kelayakan usaha tiap tim untuk mendapatkan termin dua.

Agenda tahunan ini menjadi wadah bagi setiap tim dalam membagikan tantangan menjalankan usahanya, diantaranya persaingan yang ketat, kesulitan untuk menyesuaikan kebutuhan pasar, serta koordinasi antar tim. “Kami menyadari bahwa persaingan dari banyaknya kompetitor sangat ketat. Oleh karena itu, kami berfokus pada upaya membangun branding melalui media sosial seperti Instagram. Meskipun terkendala jarak dalam berkomunikasi antar anggota tim, kami terus mencari solusi untuk meningkatkan koordinasi tim,” ungkap Eka Danis Saputri dari Tim PMW Gweb.

Kegiatan Monev I ini menjadi langkah awal bagi PMW PENS untuk mencapai tujuannya dalam mencetak para pengusaha muda. Bidang Kemahasiswaan PENS akan terus berkoordinasi untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak industri maupun pemerintah melalui proses pendampingan, pembekalan, dan program pelatihan yang memadai. “Kami berharap PMW dapat memberikan bekal yang komprehensif dan membuka lebih banyak peluang bagi mahasiswa, sehingga mereka tidak hanya siap menghadapi dunia kerja, tetapi juga memiliki kemampuan untuk menciptakan lapangan kerja sendiri,” tutup Fony Revindasari, S.Pd., M.Kom., salah satu reviewers. (haz)

wpChatIcon
EnglishIndonesian